MENGENAL ILMU BUDAYA DASAR


ILMU BUDAYA DASAR
( IBD )

1.       APA ITU KEBUDAYAAN ?

Asal Kata Kebudayaan

Berasal dari bahasa Sanskerta “buddhayah” ( bentuk jamak dari buddhi / budi ) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

·       Dalam bahasa Inggris disebut “culture” yang berasal dari bahasa latin “ colere” yang berati mengolah atau mengerjakan ( mengelola sumber kehidupan)


Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli


  • Menurut Herskovits

Ilmu budaya dasar adalah sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain yang kemudian disebut sebagai superorganic.

  • Menurut Andreas Eppink
Ilmu budaya dasar adalah keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

  • Menurut Edward BurnettTylor
Ilmu budaya dasar adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

  • Selo Sumarjan dan Soelaemansoemardi
Merumuskan kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat

  • Menurut Sutan Takdir Alisyahbana
Kebudayaan adalah manifestasi dari cara berfikir.



  • Menurut Krober dan Kluckhon

Kebudayaan terdiri atas berbagai pola, bertingkah laku mantap, pikiran, perasaan dan reaksi yang diperoleh dan terutama diturunkan oleh symbol-simbol yang menyusun pencapaiannya secara tersendiri dari kelompok-kelompok manusia, termasuk didalamnya perwujudan benda-benda materi, pusat esensi kebudayaan terdiri atas tradisi dan cita-cita atau paham, dan terutama keterikatan terhadap nilai-nilai.

  • Menurut Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.

  • Menurut Bronislaw Malinowski
Kebudayaan adalah keseluruhan kehidupan manusia yang integral yang terdiri dari berbagai peralatan dan barang-barang konsumen, berbagai peraturan untuk kehidupan masyarakat, ide-ide dan hasil karya manusia, keyakinan dan kebiasaan manusia.

  • R. Linton dalam bukunya yang berjudul The Cultural background of personality
Menyatakan bahwa kebudayaan adalah konfigurasi dari sebuah tingkah laku dan hasil laku, yang unsur-unsur pembentuknya didukung serta diteruskan oleh anggota masyarakat tertentu



Jadi kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu bersifat abstrak yaitu kebudayaan adalah hasil budi daya manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup.

2.       APA ITU IBD ?

Istilah IBD (Ilmu Budaya Dasar) dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah BasicHumanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris “The Humanities’. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (fefined). Dengan mempelajari The Humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa The Humanities berkaitan dengan masalah nilai-nilai, yaitu nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. 


Secara Etimologi IBD adalah ilmu yang berusaha membuat manusia muda ( Mahasiswa, Calon sarjana, Calon pemimpin Bangsa ) menjadi orang yang berperikemanusiaan atau menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan universal.  


The humanities dan BasicHumanities mempunyai tujuan yang sama membuat manusia lebih manusiawi, namun basichumanities ( IBD ) tidak identik dengan thehumanity. The humanity berusaha memanusiakan manusia muda dengan menjadikan mereka pandai secara trampil dalam bidang seni dan budaya. Sedangkan basichumanities berusaha menanamkan konsep-konsep dasar dan pengetahuan umum serta pengertiannya yang memungkinkan manusia muda dapat memahami hakekat permasalahan-permasalahan kemanusian dan kebudayaan.


Ilmu pengetahuan dikelompokkan ke dalam 3 kelompok besar, yaitu:

1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )

Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu alamiah antar lain astronomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, mekanika.


2. Ilmu-ilmu sosial (socialscience)


Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia. Yang termasuk kelompok ilmu-ilmu sosial antara lain ekonomi, sosiologi, politik, demografi, psikologi, antropologi sosial, sosiologi hukum, dsb.


3. Pengetahuan budaya (thehumanities)


Pengetahuan budaya  bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Pengethuan budaya (thehumanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi kedalam berbagai bidang keahlian, seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dll.

3.       APAKAH PERBEDAAN DAN PERSAMAAN ILMU BUDAYA DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ? 

Perbedaan Ilmu Budaya Dasar Dan Ilmu Pengetahuan Sosial       

  • Ilmu budaya dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan, sedangkan  Ilmu pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.
  • Ilmu budaya dasar diarahkan pada pembentukkan sikap dan kepribadian , sedangkan ilmu pengetahuan social diarahkan pada pembentukkanpenegetahuan dan ktrampilan intelektual.
  • Ilmu budaya dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS diberikan di SD hingga SMA    
Persamaan Ilmu Budaya Dasar Dan Ilmu Pengetahuan Sosial  
  • Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial keduanya membahas masalah sosial
  • Keduanya merupkan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran dan bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
  • Ilmu budaya dasar dan ilmu pengetahuan sosial sama-sama mempelajari tentang manusia atau aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia.
 
4.       APAKAH IBD TERMASUK ILMU PENGETAHUAN ?

Kata ilmu dalam bahasa Arab "ilm" yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya, ilmu pengetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan.

IBD disebut dengan “Basic Humanities” yaitu pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan

Jadi, IBD termasuk kedalam ilmu pengetahuan karena dengan adanya pelajaran tentang Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang diekembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan

5.       PENTINGKAH MEMPELAJARI IBD BAGI MAHASISWA ?

Ilmu Budaya Dasar sangat penting bagi mahasiswa karena dalam kehidupan bermasyarakat seringkali orang tidak berfikir secara rasional, melainkan irrasional bahkan kontra-rasio. Pemikiran rasional, yang merupakan suatu proses berfikir menurut suatu logika tertentu (setiap budaya adalah “benar” menurut lingkupnya). Pemikiran irrasional atau pemikiran yang berpangkal pada emosi. Pemikiran kontra-rasio yang merupakan suatu pemikiran yang berlawanan dengan suatu keputusan rasional yang sudah disepakati sebelumnya. Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar diharapkan seseorang akan menjadi lebih manusiawi, berbudaya, dan lebih halus dalam perilaku dan tutur bahasanya



Referensi 






Read Users' Comments (0)

0 Response to "MENGENAL ILMU BUDAYA DASAR"

Posting Komentar