LEGENDA KOTA POMPEII



LEGENDA KOTA POMPEII

Pompai adalah sebuah kota zaman Romawi Kuno yang terletak pada koordinat 400450 LU 140290 BT sebelah tenggara Kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Kota ini dahulu  merupakan daerah yang dekat dengan pantai, didirikan sekitar abad ke-6 SM  oleh orang-orang Osci, yaitu sekelompok masyarakat Itali Tengah.

Pompeii dihuni oleh penduduk yang cukup banyak jumlahnya dan hidup makmur, karena daerah pertaniannya yang subur. karena kota ini juga dekat dengan pantai, sehingga digunakan sebagai pelabuhan yang aman oleh para pelaut Yunani dan Fenisia. Namun hidup dalam kemakmuran tidak menjadikan penduduk Kota Pompeii menjadi orang-orang yang pandai bersyukur.

Catatan sejarah mengatakan bahwa kota Pompeii terkenal dengan daerah yang penuh dengan kemaksiatan. Seluruh wilayah kota dipenuhi dengan tempat-tempat perzinahan dan perilaku sodom. Kota Pompeii menjadi simbol dari kemerosotan akhlak kekaisaran bangsa Romawi, hingga akhirnya kota Pompeii tercatat sebagai pusat kemaksiatan terbesar di dunia pada saat itu.

Masyarakat Kota Pompeii sebagian besar menganut kepercayaan Mithra, yaitu kepercayaan yang menyembah dewa matahari, Dewa Falus. Mereka beranggapan bahwa organ-organ seksual dan hubungan seksual adalah sesuatu yang dianggap wajar dan perilaku seksual tidak untuk dilakukan ditempat yang tersembunyi. Menurut kepercayaan mereka perilaku seksual itu harus dipertontonkan secara terbuka.


Gunung Vesuvius adalah sebuah gunung berapi di dekat Teluk Naples di Italia. Gunung ini telah meletus lebih dari 50 kali, dan letusan yang paling terkenal adalah ketika gunung berapi mengubur kota Pompeii Romawi kuno di bawah lapisan tebal dari abu vulkanik

Pada 62 M, terjadi gempa bumi yang hebat sehingga menimbulkan kerusakan yang cukup parah di Kota Pompeii, namun Pompeii berhasil dibangun kembali. Gempa ini disebabkan oleh meningkatnya magma yang terdapat di dalam gunung berapi. Kemudian, gempa pun kembali terjadi pada 64 SM, tetapi lebih ringan dari pada gempa sebelumnya sehingga tidak menimbulkan kerusakan.

Pada awal Agustus 79, mata air dan sumur-sumur pun mengering. Getaran-getaran gempa ringan mulai terjadi. Namun peringatan itu tidak disadari orang-orang dan pada sore hari 24 Agustus 79 sebuah ledakan Gunung Vesuvius pun mematikan Kota Pompeii. Tanpa ada jalan keluar, Gunung Vesuvius meletus diiringi hujan debu, awan panas serta lava pijar. Awan panas yang muncul setelah kubah lava runtuh memanggang Pompeii, dan hujan abu vulkanik mengubur penduduk hidup-hidup. 20.000 orang penghuninya terjebak. Kota yang berdiri di bawah pemerintahan Kaisar Romawi Nero lenyap seketika. Terkubur lahar panas dan debu sedalam tiga meter dan menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun sebelum ditemukan kembali secara tidak sengaja.

Kota ini ditemukan kembali pada 1599 oleh seorang arsitek bernama Fontana, namun membutuhkan waktu lebih dari 150 tahun untuk bisa mengupayakan pembebasan kota ini dari timbunan abu vukanik dengan ketebalan 82 kaki. Dari hasil penggalian ditemukan lah ratusan artefak tubuh manusia yang sedang berbaring dalam posisi tenang seolah-olah tidur, yang lain berbaring meringkuk bersama-sama, sementara yang lain menunjukkan ketegangan dan rasa sakit diterpa awan vulkanis. Keterkejutan ini terlihat jelas dalam ekspresi mayat-mayat membatu yang ditemukan di Pompeii. Disana juga ditemukan banyak pelayanan yang disediakan di kota Pompeii, misalnya: Macellum (pasar raya menyediakan makanan), Pistrinum (penggilingan gandum), Thermopolium (sejenis bar yang menyediakan minuman dingin dan panas), cauporioe (restoran kecil), dan sebuah amfiteater.

Dari hasil anallisis terhadap batu vulkanik dan serpihan atap genting menunjukan bahwa debu vulkanis yang menyerang Kota Pompeii ini bersuhu 8500c dan mendingin hingga 3500c pada saat tiba di Kota Pompeii. Laporan saksi mata satu-satunya yang bertahan dan dapat diandalkan tentang peristiwa ini dicatat oleh Plinius Muda, namun ia pun meninggal tak lama setelah peristiwa ini terjadi karena menghirup gas beracun dari letusan Gunung Vesuvius.


Kota Pompeii pun ditetapkan sebagai salah satu situs bersejarah dunia oleh UNESCO pada tahun 1997 dan menjadi tujuan wisata populer selama hampir 250 tahun. Kota ini telah dikunjungi oleh sekitar 2,5 juta orang setiap tahun. Keunikan dan saksi bisu artefak menjadi hal yang menarik bagi wisatawan. Semoga kita juga bisa melihat secara langsung ya guys Kota Pompeii ini...



Referensi :








Read Users' Comments (0)

0 Response to "LEGENDA KOTA POMPEII"

Posting Komentar